Featured :

Friday, December 2, 2011

Gimana caranya kita melihat file tersembunyi di komputer?

   Anda tahu kan? item - item yang ada di komputer anda sebenarnya bisa disetting agar tidak ditampilkan pada folder file tersebut, atau dengan kata lain disembunyikan ? hhidden.

Tapi bagaimanapun juga, orang - orang Mikrosoft yang mencpitakan Windows pasti juga meninggalkan fitur untuk menampilkan kembali file - file tersembunyi tersebut. Di posting saya akan membahas bagaimana caranya untuk menampilkan file - file yang tersembunyi di komputer anda...Tapi sebelumnya, bagi yang belum tahu cara menyembunyikan file, akan saya beritahu cara menyembunyikannya terlebih dahulu...

Klik kanan, lalu klik Properties.
Centang kotak Hidden, lalu klik Apply.
File akan terlihat agak transparan.
   Untuk menyembunyikan file,caranya sebenarnya simpel sekali, pertama - tama ya kita tentukan dulu file yang ingin disembunyikan. Kalau sudah, klik kanan pada file tersebut, lalu pada konteks menu yang muncul, klik Properties. Sebuah window properti akan muncul, cari dan centanglah kotak Hidden, lalu klik Apply. Setelah itu, tutup windows properties-nya, kali ini file yang sudah anda setting Hidden akan terlihat agak transparan, tapi masih dapat terlihat. Agar benar - benar hilang dari pandangan, silahkan pergi ke folder lain manapun, lalu kembali lagi ke folder yang tadi ( folder yang ada file  tersembunyi-nya...) , kali ini, file yang disetting hidden tersebut akan benar - benar hilang dari pandangan! Silahkan lihat pada beberapa gambar yang sudah saya sediakan sebagai petunjuk instruksi. Kalo ada masalah, silahkan tulis problem anda di bagian komentar! Harap diingat, Demonstrasi ini dilakukan pada OS Windows Xp.


Itulah sedikit demonstrasi untuk cara menyembunyikan file, kali ini akan saay tunjukan gimana cara menampilkan file yang tersembunyi...Baca terus ya...












Klik Tools, lalu Folder Options
   Untuk menunjukan file yang hidden, bukalah My Computer. Pada toolbar yang dibagian atas, klik Tools, lalu Folder Options, windows 'Folder Options' pun akan muncul. Pada window tersebut, klik tab View, lihat ke Advanced settings, cari menu Hidden files and folders lalu klik 'Show hidden files and folder' . Klik Apply, lalu tutup window tersebut. Anda akan langsung bisa melihat file - file yang hidden di komputer anda, file yang hidden akan ditampilkan dengan  warna yang agak transparan sama seperti yang saya bilang sebelumnya...

Di Advanced settings, pilih pilihan radio Show hidden files and folders.


   Meskipun sudah disetting agar file yang tersembunyi ditampilkan, sebenarnya masih akan ada juga file - file yang tersembunyi dari penglihatan kita. File - file tersebut merupakan komponen - komponen operating sistem anda. Seperti pagefile.sys , AUTOEXEC.bat , dan lain - lain. Mau tahu cara menampilkan file - file seperti ini? Baca terus ya!!


   Untuk menampilkan file seperti ini, buka saja lagi Folder Options. Klik ke tab View, lalu lihat ke Advanced options, cari dan hilangkan centang pada 'Hide protected operatin system files (Recommended) . Klik Apply, lalu tutup windows tersebut. Sekarang, untuk melihat folder - folder tersembunyi seperti ini, bukalah My Computer, buka hard drive yang didalamnya ada file Operating system anda, biasanya di Local Disk (C:) . Nah, di file Local Disk (C:) itulah anda bisa melihat beberapa folder Windows tersembunyi di koomputer anda. Folder - folder ini memang sengaja disembunyikan dengan tujuan agar tidak seenaknya diutak - atik oleh user, sebab file - tersebut diperlukan operating system anda. Kalau ada masalah saat mencoba langkah - langkah diatas, silahkan tulis dimana masalah andadi bagian komentar! Berikut adalah gambar dari file - file tersembunyi Windows yang ada di komptuer saya.... :
   Sepert yang anda lihat, ada juga file - file tersembunyi seperti pagefile.sys , ada juga file yang 'tak bisa diakses' seperti System Volume Information, dll. Waktu pertama kali nemuin hal ini, saya lumayan terkejut juga, " ternyata ada ya.., file berformat .sys...file kayak gimana tuh..?" 


   Sekian postingan saya, harap berguna bagi anda para pembaca. Mohon tinggalkan komentar meski hanya sedikit! :D

No comments:

Post a Comment

Tulis komentar Anda...