Featured :

Wednesday, April 18, 2012

Apakah Arti Debug?

   Kata Debug pastinya tidak asing lagi bagi para pengguna komputer. Mereka mengetahui apa yang dinamakan debug, mereka pernah melakukan debug komputer, tetapi mereka sendiri kadang tidak tahu apa definisi dari debug itu sendiri. Dan setelah memikirkan beberapa hari tentang debug, saya menyakini satu definisi debug yang berikut akan saya tulis di posting ini. Jadi, baca terus ya!

   Kata debug, pada dasarnya kalau kita lihat adalah pencampuran kata 'de' dengan 'bug' . Bug, artinya kutu, dan yang disebut kutu adalah hewan kecil yang menyebabkan gatal - gatal di tubuh hewan yang lebih besar. Dengan kata lain, sebuah kutu memberi dampak negatif, sebagaimana sebuah virus komputer. 
Nah, kesimpulannya debug adalah aktivitas yang biasanya dilakukan untuk mencari error pada suatu perangkat elektronik dan memperbaikinya.

   Untuk lebih jelasnya lagi, definisi debug adalah kegiatan mengakses data sebuah
perangkat untuk tujuan - tujuan tertentu. Berikut tujuan mengapa orang men-debug perangkat elektronik seperti komputer, hp, etc :

1. Untuk melihat statistik perangkat
Debug dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang sistem perangkat tersebut. Contohnya adalah dengan men-debug suatu smartphone dengan sistem operasi Android. Dengan menyambungkat komputer debugger kita ( komputer yang digunakan untuk men-debug ) ke smartphone via kabel usb, lalu mengaktifkan apa yang dinamakan "Debug Mode" , kita bisa melihat statistik android tersebut seperti mendapatkan informasi tentang : kapasitas ram, data - data aplikasi, dan informasi - informasi lainnya.

2. Untuk mengetes sebuah aplikasi
Di smartphone ber-os android, ada sebuah aplikasi bernama Android Market ( sekarang berubah menjadi Google Play Store ) . Google Play Store adalah tempat kumpulan aplikasi - aplikasi untuk smartphone Android. Beberapa diantaranya berbayar, tapi ada yang gratis juga. Kebanyakan gratis, sih..Di beberapa postingan sebelumnya, saya menuliskan saya pernah menulis sebuah posting blog lewat hp android dengan aplikasi Blogger-Droid. Nah, Blogger-Droid itu adalah salah - satu aplikasi yang saya download di Google P.S . 
Bagi para pencipta aplikasi - aplikasi Android tersebut, atau yang disebut dengan developer, mendebug sebuah hp Android perlu dilakukan untuk mengetes aplikasi yang mereka ciptakan. Caranya mereka seperti memasukan aplikasi yang mereka ciptakan tersebut ke dalam hp yang menjadi kelinci percobaan tersebut dan melihat apakah aplikasi yang diciptakan berjalan dengan lancar dan sudah bisa dipublikasikan. 

Yah, sepertinya itu saja tujuan - tujuan debug yang sering dilakukan para programmer komputer. Kalau ternyata ada informasi lebih yang saya ketahui, akan saya update. ^_^

   Mungkin anda sedang bingung bagaimana cara mendebug. Sayapun juga tidak tahu caranya. Tapi setahu saya, saya bisa mendebug hp android saya. Setahu saya, aplikasi debugger yang cocok digunakan untuk mendebug hp ber-OS Java adalah Eclipse. Sedangkan untuk hp Android, saya hanya tahu cara mendebugnya adalah dengan menggunakan Android Source Development Kit (SDK). 
Anda tertarik untuk mencoba pengalaman men-debug hp? Boleh saja, akan saya tunjukan caranya. Hanya saja, saya hanya tahu cara mengaktifkan debug mode saja. Yah, berikut cara yang saya tahu...

* Downloadlah dulu Android SDK, lalu pastikan juga anda punya sebuah hp Android.
Settings -- > Application --> Development
* Di hp android anda, pergilah ke menu Settings --> Application --> Development --> lalu dilayar selanjutnya cek-lah kotak "USB Debugging". Pastikan kotak ini sudah tercentang.

1. Sambungkanlah hp anda ke komputer anda. Saat anda membeli smartphone android, seharunya di kardusnya diikutsertakan juga sebuah kabel USB yang jack-nya bisa dimasukkan ke jack charger hp android kita. Pakailah kabel tersebut untuk menyambungkan hp android anda.

2. Setelah tersambung, seharusnya ada notifkasi yang muncul di hp android tersebut. Ini menandakan hp anda sudah terhubung dengan komputer dan Debug Mode sudah aktif. Jalankanlah aplikasi Eclipse lalu.......

.............................................................

   Saya hanya tahu sampai situ aja!! T_T
Mendebug memang susah, saya saja tidak ngerti sama sekali. Yah, mau gimana lagi..
   
   Kesimpulannya, definisi singkat debug adalah kegiatan mengakses data perangkat.

   Sekian postingan saya untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi Anda. ;)

7 comments:

  1. Siip.. Mas Broo. Infonya sangat bermanfaat,jaya terus untuk blognya..terimakasih dan salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Siip.. Mas Broo. Infonya sangat bermanfaat,jaya terus untuk blognya..terimakasih dan salam kenal.

    ReplyDelete
  3. thanx infonya, ketemu juga ternyata debug itu apa:-)

    ReplyDelete
  4. hp saya xperia,,semenjak saya download aplikasi yg di recommended sony n sekarang tiap habis restart muncul waiting for debug,,tp ada jg pilihan force close jd sering aq tutup paksa(force close)dan sekarang aq udah ngerti dikit tentang debug,,thanks infonya

    ReplyDelete
  5. okkk bro
    thanks atas infonya tentang debug tadi bro

    ReplyDelete

Tulis komentar Anda...